parenting

Ayo Bawa Bekal ke Sekolah

Awalnya Najwa sempet protes, kenapa gak bawa duit bund ? atau tetep bawa duit dan bekal makanan ? “kalau aku masih laper gimana?”pertanyaannya anak kelas dua SD yang pengen jajan bebas di sekolah πŸ˜‚ Padahal udah jelas, kalau bawa duit ke sekolah, selalu endingnya batuk atau pilek. Sampai suatu hari saya pernah iseng, makan di kantin sekolah dengan uang 10.000,- dan ternyata makanan yang dibeli najwa sebangsa gorengan, es dan kawan-kawan. Saya gak melihat ada ijo-ijo atau buah.

Ya iyalah kalau jual yang ijo-ijo anak gak tertarik. Mayoritas anak-anak gak semua sih sukanya yang crispy, dingin-dingin bikin happy aka Es sirup, es doger dkk. Yaiyalah 10.000,- di sekolah dapet apa ? semua-semua mahal, listrik mahal, bbm mahal, gas mahal lah malah curcol uang belanja hahhaha… Kembali ke bekal, sejak itu saya mulai mikir apa aja ya yang harus masuk di perutnya najwa kenapa gak coba belajar bento?

Anyway bento ini asal muasalnya dari budaya jepang. Konon katanya semakin rumit desain bentonya, makin lucu, semakin besar perhatian cinta Orang tuanya. Jadi anak-anak di jepang kalau bawa bekal bento biasa-biasa saja merasa cinti orang tuanya kurang. duh segitunya hahaha… Padahal ya jaman dulu di jepang buat bentonya biasa aja gak dibentuk-bentuk anime, Asal gizinya sudah pas udah cukup.

Prinsip dasar bento adalah makanan yang seimbang, yaitu pemenuhan gizi dalam makanan seperti karbohidrat, protein dan vitamin. Nah di era modern saat ini muncullah istilah Charaben (Character Bento) adalah jenis Bento yang menampilkan karakter/tokoh di dalamnya seperti bentuk binatang, bunga atau tokoh kartun. Membuatnyapun dibutuhkan kreatifitas yang tinggi.

Mulailah saya belajar membuat bento yang menarik. Karena saya percaya tampilan visual yang menarik akan membuat anak makan dengan senang hati teorinya hahahaah… kenyataan masih ada sayur yang tidak dimakan sama najwa. Tapi hal ini bukan menyurutkan semangat saya untuk ngebento. Saya merasa malah penasaran gimana caranya supaya sayur masuk πŸ˜€ yang penting masih mau diusahakan untuk kepentingan anak. Di saat niat sudah kuat, ada saja rintangan yang datang seperti susah bangun pagi :p

Saya susah bangun pagi
Saya merasa kesusahan melawan kantuk dipagi hari, untuk buat bekal sekolah. Tapi semua ini bisa saya atur waktunya supaya bangun pagi tetap semangat untuk mempersiapkan bekal najwa, jangan kasih kendor neng :p. Beberapa hal yang harus saya perhatikan. Misalnya jangan tidur terlalu malam, batas tidur maksimal jam 11 malam itu udah paling malam gak boleh lebih. Karena saya diharuskan tidur 8 jam sehari karena ada kelainan jantung dari bayi. Gak boleh terlalu capek fisiknya. Capek masih bisa diakalin kan yang penting konsisten ngebekel harus dijaga, demi kesehatan najwa.

Menyiapkan bekal itukan butuh niat dan usaha. Sayaa sering merasa capek.
Saya hanya manusia biasa yang punya batas lelahπŸ˜… Pagi-pagi buta, udah mulai berkutat di dapur. Jam 8 pagi harus udah di kantor ? Gimana rasanya kalau masih males gitu karena kelelahan?

Saya ada sedikit tips untuk emak-emak yang punya aktivitas tinggi tetapi ingin membakan bekal kece buat putra putri tersayang.

Beli diwarung dan modifikasi
Biasanya saya tinggal beli di warung makanan 5 meter dari rumah, sedikit di modifikasi, kasih hiasan nori beresπŸ˜…
Bersyukur saya tinggal di kampung, banyak yang jual nasi, yang lewatpun bersliweran. I loph you kampungku 😘

Buat bekal roti, buah, sosis/telur rebus diusahain ada stok sayur entah wortel, brokoli, timun dll

Accesoris bento saya gak begitu punya banyak tapi ini sangat membantu tampilan bentonya menarik.

Kotak makan kotak makanan yang unyu-unyu.

Tas bekal, saya belinyanya di pgs 12pcs motif campur, cuma 80rb lumayan bertahan setahun wkwkwk
Isi makanannya sih sederhana saja ada karbohidrat, protein, sayuran, buah dan aneka snack.
*note : kalau ada jadwal olah raga saya beri ekstra carbo.

Contoh sayur dan lauk beli dilauk. nasi pudding, happy tos stok yang ada di rumah

Membawakan najwa bekal makan, membuat perasaan saya lebih tenang, minimal makanan yang saya bawakan higienis. Soal gizi saya ndak terlalu ambil pusing yang harus empat sehat lima sempurna. Kalau pas ada susu ya dibawain kalau pas gak ada ya tidak dibawain. Yang pasti dibawa sedikit sayur, buah, cemilan. InshaAllah bergizi dan mutu terjamin lah #tsaa

Bagaimana sih supaya konsisten ngebekel?
Kalau saya selalu inget, kalau najwa bawa uang, endingnya pasti batuk atau pilek.
Jadi bilang ke diri saya, ayo jangan kalah sama malas, biar anak sehat.
Selain itu, saya cari teman online yang mendukung aktivitas saya, yang selalu menyemangati saya, dalam hal ngebekel. Misalnya dengan ikut grup bekel online. Follow instagram tentang bekel sekalian cari inspirasi. Jangan lupa hastagnya biar ada yang like.
Sering juga mereka membagi tips, memanage waktu supaya proses pembuatan bekal bisa maksimal.

Asiknya membawa bekal selain baik untuk kesehatan yaitu saya bisa mengajarkan najwa untuk rutin menabung.
kan kata pepatah Hemat pangkal kaya…
Membawa bekal setiap hari, lebih hemat karena uang jajan bisa dialokasikan ke tabungan harian.
Sekaligus belajar hidup hemat. Saya memang tidak membiasakan najwa memberi uang.
Meski ada sih, satu hari saya beri uang jajan itupun dengan syarat badan fit gak sakit.

Menyiapkan bekal dari Rumah sebagai tanda Cinta buat anak-anak. Meski gak ketemu bundanya selama beberapa jam, paling enggak najwa bisa merasakan perhatian saya dalam bentuk bekal kayak pemikiran anak-anak di jepang gitu. Halaah gombal ya hahahah

Yuk ah kita bawa bekal πŸ™‚

2 Comments

  1. bagus tipsnya.. lanjutkan memberikan info yang menarik

    1. janis

      Terimakasih 😊

Leave a Reply

Required fields are marked*