Buat Kartu Nama yuk….

Kartu nama katering

Ada yang masih bingung mau buat kartu nama?

Kenapa sih kita memerlukan kartunama ?

Bahkan sampai detik ini pun saya belum sempat mengganti desain kartu nama meskipun, sudah waktunya untuk di desain ulang. Saat ini saya beserta suami sedang mengelola usaha kecil-kecilan bergerak dibidang desain printing online. Sedangkan kartunama  yang saya miliki sebelumnya, menurut saya kurang mencerminkan usaha kita. Jadi ceritanya dulu saya membuat kartu nama itu menceritakan hanya sekedar desainer freelancer.  Tapi karena saat ini saya mulai serius fokus dengan usaha  desain & printing online, jadi ini beberapa pertimbangan saya sebelum membuat kartu nama :

Desain dan Layout

Bagaimana membuat desain yang menarik tetapi informasi yang tercantum bisa sampai kepada audience yaitu dengan cara menerapkan prinsip-prinsip desain yang berlaku seperti komposisi peletakan nama, logo,  info kontak, warna dan yang paling penting kartunama didesain sesuai dengan identitas si pemiliknya karena, itulah tujuan utama sebuah kartu nama. Kartu nama membuat kita lebih professional dan siap untuk berkompetensi loh. Kenapa ?  Coba bayangkan, kita bertemu dengan seseorang kemudian kita tidak punya cukup waktu untuk mengobrol A sampai Z.  Kemudian kita memberinya kartu nama sebagai identitas kita, jika dia tertarik maka dia akan menghubungi kita secepatnya dan komunikasipun berlanjut. IMG_20151205_171814 Setelah itu kita memikirkan tentang layout, saya pernah mencetak kartu nama yang sudah didesain oleh sipemiliknya. Sayangnya, sipemilik kartu nama ini membuatnya dengan aplikasi yang ada di ponsel pintar. Sedangkan ponsel pintar warnanya berasal dari kumpulan-kumpulan cahaya jadi bisa dibayangkan terangnya yang lebai. Saya sudah memperingatkan sipemilik tersebut kalau warnanya nanti akan drop. Dan hasilnya kacau semua warna gelap :D Sampai saat ini saya sangat menyarankan untuk membuatnya di software khusus pc / mac. Kemudian kita harus mempertimbangkan  layout yang harus diperhatikan adalah :

  1. Jarak aman tepi kartu nama keliling 5mm dari typo atau gambar
  2. Menentukan ukuran kalau kartu standart 9cmX5,5cm
  3. Resolusi 300dpi (standart cetak)
  4. Typography minimal 7pt
  5. Warna CMYK (Kecuali ada warna tambahan khusus dengan menggunakan tinta khusus misalnya warna spot/emas/perak)

Penjual pudding

Memilih bahan

Ada beberapa bahan kertas mulai di kertas yang mengkilap atau sebaliknya, kertas foto, hingga kertas bertekstur. Kalau saya pribadi lebih suka kertas import matte dengan permukaan halus tidak mengkilap jenis kertasnya bernama bluewhite. Kenapa saya memilih blueswhite dari pada artpaper yang harganya lebih murah karena, selain bahannya elegan kertas ini sifatnya mudah untuk ditulis menggunakan pen. Biasanya, ada kontak kita yang tidak aktif atau kita bisa menambahkan informasi baru jadi kita bisa menulisnya dengan mudah di kertas blueswhite. Tetapi kertas blueswhite ini, mempunyai kelemahan dalam menyerap tinta sehingga warna yang dihasilkan cenderung  lebih pudar.

Finishing

Cara terakhir untuk memberikan sentuhan menonjol atau atau orang-orang biasa menyebutnya eye cacthing dengan cara laminasi doff, laminasi glossy, Emboss, UV spot hingga hot print  emas perak tembaga adalah proses memberikan lempengan logam padapermukaan kertas yang biasa kita jumpai pada undangan pernikahan.

Tahap finishing ini memerlukan biaya ekstra :) Sekian tulisan saya tentang kartu nama semoga bermanfaat :)

Kalau masih bingung juga, lebih praktisnya lagi langsung saja buat di saya hihihi *promosi niye* :p ada puluhan contoh kartu nama di www.janisaulia.com/projects atau bisa kunjungi instagram saya @janis_projects Have a wonderfullday mak J

2016_04_10_01.26.53

Please follow and like us:

27 comments

Leave a Reply