Pengusaha Receh ikut Arisan Online (Arisol)

ARISOL

Beberapa bulan yang lalu aku iseng ikut arisan online salah satu pertimbanganku karena gak ada riba dan juga punya feeling kalau ownernya orangnya baik, amanah, bertanggung jawab (kalau masalah duit perasaanku tepat ahahhaha). Jauh sebelum kejadian eike ikut arisol  ini,  Ibuku sudah mewanti-wanti, kalau gak usah ikut aneh-aneh arisan kenapa? karena hasil uang arisan itu tidak berkah meskipun itu uangku sendiri. Kenapa tidak berkah? karena ada pihak yang dikecewakan. Loh masak iya dikecewakan? Menurutku, kalau semuanya disiplin bayar tepat waktu sebelum japo (jatuh tempo) tidak ada masalah kan?.

Dengan  ketekadan hati *alasan yang anehkan bilang aje mupeng hahahaha :p*  terus nih eike penasaran juga, apakah bisa menguntungkan menginvestasikan uang receh saya diarisan online secara eike pengusahakan? #uhukbatuk *pengusaha uang receh maksudnya* Ya sudahlah akhirnya, ikutlah saya kesalah satu grup arisol di FB karena tergiur baca timeline temen tentang arisol. Pengalaman arisan pertamaku dimulai #pssst….

Ikutnya sih yang receh-receh dan gak banyak seminggu Rp.75.000,- sampai 3bulanan dapetnya LM (logam Mulia 2gr), Alhamdulillah lancar. Kemudian ikut arisan ultha 150.000,-/bulan dapetnya bulan januari kemarin. Seneng dong dapet transferan uang arisan kemudian langsung aku potar (potong tarikan) biar gak ada tanggungan lagi meski masih berjalan 4bulan. Dibuat apa neng uangnya?  percaya atau tidak uang itu entah kemana rimbanya hilang begitu aja, sepertinya dibuat hal-hal yang gak penting. Oh ya, Sebenarnya aku ikut arisan lebaran juga tapi aku stop gara-gara dramanya itu bikin syedih T_T

Grup Arisol ini banyak menawarkan part arisan, mulai dari arisan 50rban sampai puluhan juta yang buat saya tercengang seketika sampai takjub secara duniawi mata ijo liat nominal uangnya *sampai bingung ngomongnya* :D  Awalnya saya takjub dan iri hati dengan emak-emak ikut arisol 4jt/minggu kalau gak salah. Dalam hati yang iri dengki ini berkata “Widiiiw duit emak-emak digrup ini banyak bingits kerjanya apaan yak? seminggu bisa ikut 4jt”.  Jreng jreng…. *Jagalah Hati* sambil nyanyi:p Saya aja belum pasti sebulan bisa dapet omset 4jt maklum pengusaha receh, modal receh, tanpa riba #tsaaa curcol maning….

Tapi setelah bulan kedua berjalan eike udah gak takjub sama sekali.

Baiklah, cerita pengalaman arisol ini sangat tidak mengenakan terjadi dibulan kedua, mulailah saya melihat masalah-masalah arisol… Ada member yang ambil nomer awal tapi ditinggal pergi ngilang entah kemana. Awalnya 1-2 member yang hilang, eh lama-lama lainnya ikut-ikutan bahkan ada owner grup sebelah yang colaps berdampak di grup arisanku, karena owner colaps itu, ikut banyak bagian, dan gak sanggup lagi  mesti gimana yaudah, akhirnya menghilang begitu aja, tutup akun FB.

Ada juga temen SMU waktu aku inbox FB maksud hati, turut prihatin, tapi emang salah eike juga sih gak bisa bantu uangnya sih :p Jawabannya sinis banget ama eike weleh weleh… Gak ada uang maka tak sayang cyiiin… Oalaaah nasibmu pengusaha receh… Mungkin dia bingung, mesti gimana lagi bayar tunggakkannya. Yang paling parah, ada salah satu member melakukan percobaan bunuh diri, karena menumpuknya tagihan arisan dengan nilai nominalnya bikin saya degdegan itu nol banyak banget :,( …. Apalagi yang buat aku kecewa bunuh dirinya ngajak anaknya… Innalillahiwainnailaihirojiun sebegitunya emak ini,  kasihan anaknya T_T… Tetapi Puji Syukur kepada Allah SWT, Alhamdulillah  mereka masih terselamatkan dari percobaan bunuh diri. Nah gara-gara kasus ini, saya merasa di ingatkan sama Allah SWT kalau Ibuku benar.

Terus terus eike kapok gak kalau ikut arisol ?

Meski sempat kepikiran pengen ikut arisol logam mulia tapi setelah drama yang terjadi, bikin takut dan pastinya harus mikir berkali-kali kalau mau ikut arisan lagi. Selain itu, suami juga sudah tidak mengizinkankalau eike ikutan arisol lagi. Kata suami “Wes ta lah gak usah kemrungsung ambek arisol, yang penting kita hidup penuh keberkahan” (artinya udah gak usah banyak pengen ikut arisan)

“Ah.. bahagia itu sederhana kata orang bijak, tanpa harus mencicil, mengada-adakan apa yang tidak ada.”

Saya juga bersyukur, kalau Owner arisan di grup yang saya ikutin amanah dan bertanggung jawab. Terimakasih mbak owner :)  Sungguh ini pengalaman yang berharga buat saya. Kalau kita memburu dunia pasti gak ada habisnya, malah merasa kurang dan kurang. Penyesalan selalu ada diakhir, seandainya ya uang recehku itu dibuat pembangunan masjid depan rumah tiap bulannya pasti lebih berkah. Selain itu, dari pengalaman ini saya merasa bersyukur dengan apa yang saya miliki.

Walau tidak bisa ikut arisan 4jt/minggu yang penting gak ikut merugikan orang lain, apalagi merugikan owner penyedia arisan *ciyeee perasaan iri dengki musnah seketika* #benerinjilbab. Satu hal lagi, yang menjadi pelajaran buat saya kalau seharusnya saya sebagai manusia tidak usah banyak berharap kepada manusia, tetapi berharaplah hanya pada Allah SWT. Beharap pada manusia cuman bikin kecewa nangis dipojokan :p

“Terkadang kita bisa salah, tapi kita masih bisa mengambil hikmahnya dari sebuah kesalahan, jangan sampai kita jatuh di lubang yang sama.”

Mohon maaf kalau tulisan saya ini tidak berkenan…. Salam damai

Please follow and like us:

22 comments

  1. bagiinfo says:

    itu sih, kalau arisan online emang anggotanya tidak bisa terorganisir. Biasanya kalau mereka mau keluar ya langsung keluar dan gak ngasih kabar. padahal yang di sini nunggu kabar dia -_-
    Kapok dah

  2. anis amiroh says:

    sy memberi arisol. dan sdh menjadi korban. Keluarga dan masa depan dipertaruhkan. banyak temen saya jd memberi yg kolaps. krn owner terlalu sering buka klot. member2 tergiur mengikuti dan owner tdk mengkontrol min plus si memberi. krn Hanya berburu uang admin.

Leave a Reply