Uncategorized

GIVEAWAY – Jangan Bosan untuk mendongeng

dongeng

Sambil menyipitkan mata dan mengacungkan jari telunjuk najwa berteriak marah ‘HAYOO JANGAN BERSEMBUNYI, JANGAN BERPURA-PURA, SUATU MALAM KALIAN PASTI AKAN KETAHUAN!!!’ Begitulah cara najwa mengekspresikan buku cerita favoritnya itu. Najwa belum bisa membaca, tapi najwa gemar sekali mendengarkan dongeng. Sampai-sampai, sudah menjadi candu kalau gak dongeng gak enak. Malah sehari bisa sampai 5x mendongeng. Jujur emaknya sempat merasa boseeen banget, tapi inget-inget ini juga termasuk investasi supaya kelak najwa rajin membaca. Hal itulah yang menjadi motivasi saya. Oh ya dalam mendongeng terkadang saya menggunakan najwa sebagai peran utamanya. Saya membacakan dongeng dengan berimprovisasi dengan suara yang berubah-ubah serta di iringi mimik wajah yang berubah-rubah misalkan kalau marah ya marah kalau lucu ya tertawa. Sampai-sampai najwa menirukan gaya saya bercerita.

Children are great imitators. So give them something great to imitate. (Unknown).

Ternyata gak rugi dongeng sehari sampai 5X, karena saya sudah sedikit merasakan manfaat dari seringnya mendongeng yaitu :

Mengembangkan daya Imajinasi

Ternyata mendongeng bisa mengembangkan daya Imajinasinya najwa. Biarlah najwa mempunyai dunianya sendiri bahkan saya sering sekali memergoki najwa mempunyai teman khayalan, ngomong-ngomong sendiri entah sama siapa saya pura-pura gak tau aja deh hehehe….

Belajar Berbahasa

Sudah tidak jaman lagi memberitahukan ini salah itu benar secara langsung. Namanya juga anak kecil kalau dibilang jangan hasilnya sama dengan iya lakukan…. Saya sendiri kalau lagi kumat males memutar otak untuk memberikan kalimat lain selain jangan/gakboleh/dst…pasti nyeletuk ‘wa jangan pegang kepala uti gak sopan’ hasilnya pasti tambah di acak-acak jilbabnya uti #ups. Maka, dengan mendongeng saya dibantu untuk mengajarkan najwa tentang bahasa. Banyak dongeng-dongeng yang mengandung cerita positif tentang perilaku yang baik dan sebagainya membuat najwa menjadi lebih mudah dalam menyerap tutur kata yang sopan sehingga disinilah keterampilan dalam berbahasa di ajarkan dalam dongeng.

Menghidupkan Minat Baca

Waktu hamil najwa, suka sekali melihat segrombolan anak-anak membaca di toko buku kemudian mereka membahas isi buku cerita yang dibacanya #sambilelusperut. Inilah langkah awal saya dengan cara mendongeng kepada najwa memberikan rasa penasaran najwa terhadap isi cerita tersebut. Dengan rasa penasarannya, membuatnya ingin mencari tahu lebih dalam. Buktinya, buku ceritanya di bawa kesana-kemari dibolak balik dan dengan wajah memelas berkata ‘Bunda ayo cerita lagi’. Jadinya sebelum najwa belajar huruf ABCD dst saya jelaskan kepada dia asyiknya kalau kita bisa kenal yang namanya huruf kita bisa baca buku cerita sebanyak-banyaknya.

Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Anak

Sulit sekali mengajarkan nilai-nilai moral dalam kehidupan, dengan dongeng saya bisa memberikan contoh melalui tokoh dalam cerita yang saya dongengkan. Misalnya saja cerita tentang Nabi Adam AS yang tidak menuruti perintah malah lebih percaya dengan bisikan iblis dengan memakan buah quldi. Akhirnya, Nabi Adam dan Hawa yang berada di surga diturunkan oleh ke bumi. Dari cerita Nabi Adam saya menjelaskan kepada najwa kalau ada makhluk lain yang jahat yaitu iblis yang siap merayu kita untuk berbuat keburukan supaya nanti iblis / setan ini punya teman di neraka. Saya juga menjelaskan bertapa sengsaranya di neraka, enakkan di surga bisa main playdough sepuasnya. Jadi kalau awa mau masuk surga harus nurut sama perintah

Menumbuhkan rasa Empati

Waktu si adik anas baru lahir najwa sempat marah cemburu bahkan sampai ada tragedy pencakaran si adik sampai berdarah :’(. Awalnya saya juga gak menyangka sebegitu besarnya efek dari kecemburuan sang kakak terhadap si adik. Padahal dari awal kehamilan saya sudah mempersiapkan mental najwa untuk menjadi kakak. Tapi persiapan tinggalah persiapan najwa tetap tantrum. Entah dapet wangsit darimana saya mencoba mendongeng untuk najwa, disinilah saya pertama kalinya mendongeng untuk najwa (hadeeh…. ngapain aja aku selama ini ya nak). Saya mulai mengarang cerita tentang kasih sayang Princess yang mempunyai adik baru di dalam cerita itu saya sisipkan juga tentang hobi najwa biar tambah menarik. Alhamdulillah akhirnya rasa empati terhadap si adikpun tumbuh. Najwa mulai sayang dan peduli, bahkan sekarang najwa pintar berdongeng di depan anas.

Begitulah pengalaman saya tentang sisi positif dari acara mendongeng. Jangan Bosan untuk mendongeng meski sesibuk apapun kegiatan kita. Karena dengan mendongeng kita bisa mengajarkan hal yang baik untuk anak kita penerus bangsa ini nantinya.

Selain tulisan ini sebagai reminder untuk saya, tulisan ini juga diikutsertakan dalam Giveaway Semua Tentang Dongeng Anak

Have wonderful day maks……..

Leave a Reply

Required fields are marked*