parenting, Uncategorized

Menikmati Bulan Ramadhan bersama Najwa

Alhamdulillah kita dipertemukan lagi bulan Ramadhan ditahun ini. Ramadhan tahun ini ada yang seru dalam mengajak anak-anak beribadah mulai dari monitoring sholat, beberapa hafalan hadist, beberapa surah pendek, sampai menunaikan ibadah puasa efek anaknya sekolah di Madrasah Ibtidaiyah ortunya dipaksa untuk selalu monitoring. Gak papalah dipaksa buat kebaikan hahahah. Oh ya terakhir saya menulis pengalaman ibadah puasanya najwa tahun 2015 yak dan sekarang tahun 2017 wow dua tahun kelewat begitu saja tanpa ada kenangan yang ditulis LOL.

Jadi begini Beberapa bulan sebelum Ramadhan saya sudah menjelaskan kepada najwa kalau sebentar lagi kita bertemu bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan seluruh umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh mulai dari sebelum terbitnya matahari sampai tenggelamnya matahari. Tentang sholat terawih pun sudah saya beri pengertian ke najwa dan dia bersemangat karena saya iming-imingkan nanti ada yang istimewa loh menu buka puasanya yaitu bikin aneka es (padahal cuman es timun, es teh, es timun) LOL

Tahun ini saya sangat santai menjalani ibadah puasa tidak seperti tahun sebelumnya dan gak ada yang istimewa yang perlu dipersiapkan. Kami sekeluarga lebih fokus ke peningkatan ibadah saja. Kalau sholat 5 waktu itu sudah pasti tapi, yang ingin kami lakukan di Ramadhan ini tanpa absen sholat tarawih dan mengaji sayangnya saya dan najwa masih mengerjakan di rumah saja (pengecualian tamu bulanan ya hehehe). Ada beberapa hal yang ingin saya rubah yang utama pastinya tentang beribadah mumpung bulan Ramadhan sayang kalau tidak dimanfaatin.

Kebiasaan Mengaji.
Pada hari biasa suka susah mengaji setiap harinya, tetapi di bulan Ramadhan ini goal kita bisa mengaji setiap hari.
Karena santai, saya tidak menargetkan khatam seperti orang diluar sana hebat berkali-kali khatam selama bulan ramadhan, buat saya yang penting kebiasaan dulu yang ditanamkan sekalian membaca terjemahan. Harapan saya nanti selepas Ramadhan ini, aku masih istiqomah mengaji. Ada kok penjelasannya di youtube Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Ramadhan – Ustadz Khalid Basalamah. Mengaji itu menenangkan bikin rilex asalkan bacanya pelan-pelan sesuai harakat dan tadjwidnya. Inget-inget lagi gimana tartilnya hukum bacaannya yang disebut tadjwid pokoknya dinikmati membaca Al-Qur’an secara tartil. Coba deh enak loh ternyata mengaji secara tartil gak usah buru-buru atur nafas dinikmati mumpung masih di bulan Ramadhan apalagi watu subuh dengan suasana yang tenang dan hening Subahanallah nikmat.

Kebiasaan Bangun pagi buta.
Kalau saya Alhamdulillah gak ada masalah bangun makan sahur suami juga, yang jadi drama ketika saya harus bangunin najwa. MasyaAllah penuh dengan ujian kesabaran. Mengajarkan anak beribadah susah-susah gampang ya mak, intinya kita dulu yang gerak baru sianak mengikuti. Najwa merasakan kalau puasa gak sahur itu lemes, apalagi disekolah ada kegiatan pondok ramadhan mana badannya kuyuus sedih deh sama anak imut ini. Segala kesabaran dan daya yang ada buat bangunin dia mulai dari kaki sampai percikan air LoL.

Khusus percikan air ini najwa minta sendiri “Bund kalau najwa susah bangun di percikin air aja kalau perlu beli semprotan kayak kis*p***”
Sampai akhirnya dia sebel dengan sendirinya di percikin air “Wis bund bangunin biasa aja pokoknya sampai aku bangun” LOL
Tahun ini awalnya saya gak mau maksain dia untuk puasa penuh mau belajar sampai beduk dhuhur pun saya sudah bersyukur tapi ternyata Subhanallah anak seimut najwa mampu sampai bedug magrib.

Meminimalkan acara buka puasa diluar.
Ini yang saya hindarai, bolehlah sekali dua kali tapi gak tiap minggu ada acara bukber. Saya gak nyaman kalau buka puasa diluar karena drama mushola yang sempit antri sholatnya gantian, setelah itu jarak antara Magrib ke Isya itukan sebentar aja. Jadi saya lebih nyaman kalau berbuka puasa di rumah menikmati kebersaam dengan keluarga.

Ramadhan kurang beberapa hari lagi lewat jadi jangan sampai saya menyia-nyiakan kehadirannya Semoga selalu Istiqomah.

Selamat menunaikan Ibadah Puasa 🙂

Leave a Reply

Required fields are marked*