Uncategorized

Geriarti untuk Lansia

Bapakku ini semakin tua emosinya susah terkontrol. Masalah sedikit sudah kayak masalah yang paling berat sedunia. Ibuku pun begitu, mudah sekali baperan. Aku yakin bukan orang tuaku saja yang seperti itu.

Saranku hanya satu…
SABAR

Ya aku harus menyadari dulu kondisi mereka yang tidak muda karena, semakin tuanya umur, maka semakin turun juga daya pikir, daya ingat, bahkan perilakupun bisa berubah.

Semakin turunnya daya pikir ini biasanya ketika beliau mendapat masalah sepele menurutku sih, bisa jadi masalah yang jadinya gak sepele. Semacam kekhawatiran yang berlebih gitu. Bahkan aku menyarankan orang tuaku untuk ke poli geriarti.

Apa itu geriarti ?

Kata geriatri berasal dari kata dalam bahasa Yunani, geron, yang berarti orang tua, daniatreia yang berarti penanganan terhadap penyakit. Jadi geriarti adalah cabang ilmu untuk lansia. Sayangnya kalau di surabaya hanya ada di rumah sakit besar saja. Kalau mesti ke Rumah sakit besar kebanyakan lansia gak nyaman, biasanya terlalu ramai sumpek. Seandainya di puskesmas ada poli geriarti pasti nyaman.

Sementara ini meski belum mencoba ke poli geriarti paling enggak yang harus dilakukan sebagai anak

Berusaha mengerti keadaan orang tua bukan minta di mengerti.

Saatnya melayani bukan menuntut.

Saatnya menolong bukan membebani.

Birrul Walidain
Al-Birrul yang artinya kebajikan
Al-Walidain yang artinya orang tua
jadi Birrul Walidain adalah kebajikan kepada Orang tua meskipun seandainya kedua orang tuanya adalah non muslim.

Semoga aku bisa memuliakan mereka.

Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”. (QS: Al-Isra’:24)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *