Uncategorized

Hutan Mangrove pencegah Abrasi

Ada yang sudah pernah mengunjungi hutan mangrove wonorejo yang terletak di Jalan Raya Wonorejo No.1 ? Ini kali kedua saya mengunjungi hutan mangrove. Awalnya gak sampai pinggir pantai hanya sekedar di depan karena saat itu gak tau kalau kita bisa wisata naik kapal untuk lihat hutan mangrove. Untuk fee tiket kapal, juga terjangkau 15.000,- untuk anak-anak sedangkan 25.000,- untuk dewasa.

Kali ini, barulah ada kesempatan untuk mengunjungi keseruan hutan mangrove dengan menaiki kapal. Sayangnya info yang diberikan seputar mangrove kurang kepada wisatawan. Padahal mangrove adalah pahlawan yang menghadang abrasi LOL

Serem kalau pantai sudah abrasi tanah batu-batuan pinggir pantai terkikis karena kerasnya ombak air laut. Akibatnya Air laut akan membanjiri daratan. Hutan mangrove tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak di garis perbatasan pantai dan daratan.

Tumbuhan mangrove yang berjajar ini adalah sebagai benteng pencegah abrasi atau pengikisan pantai oleh gelombang air laut, untuk melindungi wilayah pesisir dengan akarnya yang sangat efisien. Hal ini akan menjadikan pelindung pengikisan tanah akibat air laut. 

Selain fungsi mangrove untuk melindungi abrasi, kita bisa ikut menikmati keindahan hutan mangrove. Menikmati keindahan tumbuh-tumbuhan dan burung-burung yang hidup di daerah ini sangat unik,  karena posisi mangrove ini adalah di daerah pantai dan sekitar muara sungai.

Jika anda berencana ke mangrove, gunakan pakaian yang bewarna terang dan kenakan lotion anti nyamuk atau minyak sereh yang alami. Hutan Mangrove punya nyamuk gendut yang ganas. 

fyi : peringatan BMKG cuaca surabaya ekstrem 10 hari kedepan mulai hari ini. Hati-hati kalau ke mangrove sebaiknya ditunda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *