Uncategorized

Kenapa gak suka matematika ?

Kira-kira momok pelajaran apa yang dijadikan ketakutkan anak-anak ?

Kalau anakku adalah MATEMATIKA.

Padahal matematika adalah pelajaran kesukaanku di jaman SMA, kok bisa anaknya gak suka ?

Kenapa aku suka matematika?
Padahal dari SD, SMP matematika nilaiku yang paling rendah. Suka matematika gara-gara guruku di SMA telaten ngajarin semua murid yang ada di kelas tanpa melihat kasta derajat termasuk aku halah ngomong apa aku LOL. Pokoknya gara-gara Bu Endang, aku suka matematika tapi gak pinter kok, cuma sebatas suka aja tanpa ada lagi rasa benci berhitung. Semoga Bu Endang sehat selalu Aamiiin…

Kalau dari kasusnya anakku, sepertinya belum nemu momentnya aja. Momen dimana suka pelajaran Matematika.

Moment ketika kamu ketemu kumpulan rumus yang menggemaskan sampai bikin tumbuh jerawat. Sampai-sampai aku sepenasaran itu.

Kenapa gak suka MATEMATIKA ?

Karena terbiasa malas untuk berfikir. Harus di rangsang supaya berfikir. Biasanya ini yang aku lihat pada anakku, dan aku masih gemes-gemes gimana gitu.

Aku kurang setuju kalau ada pendapat seperti begini “jangan paksain anakmu untuk suka matematika toh ya gak dibawa sampai kerja dsb…”

Aku tidak memaksakan anakku untuk harus pinter 100% matematika sampai ikut olimpiade. Paling tidak dia udah paham konsep matematika belajarnya menyenangkan aku sudah lega (sementara itu kalau belajar bersama, emaknya nadanya udah 8 oktaf).

Matematika ini penting karena didalam pelajaran matematika kita diajarkan memecahkan permasalahan. Sadar atau tidak sadar permasalahan kehidupan sehari-hari.  Contoh simpelnya seperti berdagang, membuat baju, dll.

Selain itu pelajaran matematika telah tersebar ke seluruh jenjang pendidikan karena pelajaran matematika merupakan pelajaran yang diwajibkan atau sebagai pelajaran yang harus ada sebagai tolak ukur kemampuan anak didalam segala bidang.

==========================

MATEMATIKA sebagai TOLAK UKUR kemampuan anak di dalam segala bidang.

Bahkan bidang desain grafis ada perhitungannya juga. Mulai dari presentase pencampuran warna, menghitung packaging, dll… Biasanya anak desain seperti kami Matematikanya kearah Visual Spasial.

“Menurut Amstrong visual spasial merupakan kemampuan untuk memvisualisasikan gambar didalam pikiran seseorang”. (Sujiono dan Bambang, 2013:58). Kecerdasan ini digunakan untuk mengimajinasikan atau menggambarkan suatu gambar didalam pikiran setiap individu.

Terkadang mereka belum dapat menemukan solusi dari permasalahan matematika dikarenakan kecerdasan visual spasial anak kurang terasah saja, jadi harus sering latihan agar terasah kecerdasannya.

Selamat mendampingi belajar moms…. Semoga usaha kita membuahkan hasil yang manis.
Hwaiting 😘

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *