Uncategorized

Usaha Modal Minimalis

Berawal dari hobi kemudian punya passion lalu mulailah usaha sesuatu yang modalnya terjangkau. Tepatnya tahun 2015 saat anas anakku kedua berumur 2 tahun aku nekat buka usaha kecil-kecilan.

Saat itu mikirnya gimana caranya nambah penghasilan buat beli pospak anas, beli mainan, dll. Usaha yang kiranya bisa aku handel  dengan fleksibel karena akupun posisinya masih membantu usaha keluarga sampai sekarang. Saat itu aku butuh pemasukan tambahan buat kebutuhan rumah tangga, bahkan sampai sekarang. Aku pengen ngerasain punya uang banyak gimana sih rasanya, tapi tetep gak mau jauh-jauh dari anak-anak. Apa iya uang banyak, bisa buat kamu tidak bahagia? masa sih? aku penasaran karna belum pernah LOL.

Berbekal skill desain, aku mulai membuka online shop yang bergerak dibidang jasa. Online shop itu pertama kali aku buka di instagram sampai sekarang, bernama janis_projects di follow ya kemudian DM aku “done follow” ntar aku follback. Tetep nyari follower LOL. 

Tahun pertama semuanya kulakukan sendiri mulai desain, foto, nyari supplier dll. Tahun ke 3 fafan suamiku terganteng sedunia akherat, ikutan bantu sampai sekarang. 

Tentang Passion bukanlah hobi pernah saya tulis disini

Kalau inget dulu jaman anak masih bayi itu ribet karena anas masih ASI aku kerjanyapun sambil memangku anak. Setelah seminggu buka ada satu konsumen dari batam order printilan untuk olshopnya nilainya 900rb aku inget banget dan langsung lunas di transfer didepan. 

Ya Sistem kerjaku memang begitu transfer dahulu baru kukerjakan. Aku gak mau drama invoice telat bla bla bla… Modal darimana kisanak ? Alhamdulillah orang-orang seluruh indonesia percaya, ku jadi tambah semangat. Bahkan sesekali dapat orderan dari artis, pejabat hingga negeri sebrang malaysia dan brunai. Alhamdulillah…

Soal profit lumayanlah buat mencukupi kebutuhan pokok. Sampai saat ini aku belum benar-benar fokus dengan janis_projects karena aku masih disibukan oleh perusahaan keluarga yang terguncang kayak kapal yang kena badai halah LOL. Untuk sementara janis_projects kebanyakan fokus pada jasa desain label. Kali ini aku akan share 2 tips aja dalam memulai membuka usaha. 

Tips untuk membuka usaha.

Punya Skill atau belum
Membuka usaha itu bisa kok dengan modal minim. Asalkan kita mau lebih berusaha misalnya lebih mengeksplore lagi skill kita, skill ini adalah modal yang paling utama untuk bertahan hidup di dunia yang fana ini.

Misalkan skillnya masih belum muncul, kita bisa jualin prodak orang lain tanpa harus modal beli prodaknya. Biasanya sistem ini dinamakan dropshiper. Aku pernah coba ini tapi stok barangnya selalu sold. Kecuali tipe-tipe barang pre order ya seperti handmade.

Modal yang minimalis

Punya hutang bank itu gak enak beneran aku sudah merasakan, meski bukan aku sih yang pinjem di bank. Aku hanya lelah mengangkat telpon dari bank menanyakan owner. Enak-enak fokus desain ‘kring kring bisa bicara dengan bapak X bla bla’ tiap hari aku ngangkat telpon yang gak penting. Jadi aku membuat sistem transfer di awal. Kalau tidak transfer, tidak ada pengerjaan. Kalau calon konsumen keberatan aku gak masalah kok. Aku anggap belum rejeki. Dengan sistem ini aku gak galau dengan pinjaman bank. 

Yuk gali potensi kita, skill kita. Karena kita gak tau kehidupan keuangan mendatang ini seperti apa karena roda terus berputar. Kadang diatas kadang dibawah. 

Kalau menurutku usaha yang everlasting itu kuliner. Tapi meskipun begitu, bidang kuliner dibutuhkan kreatifitas agar bisa bertahan.

Mau apapun pekerjaannya jangan lupa berdoa ya mak.

Salam sukses…..

2 thoughts on “Usaha Modal Minimalis”

  1. Wow… Sukses terus untuk usahanya ya Mak
    Tapi, emang bener sih. Terkadang butuh kenekatan yang sebenernya bentuk dari The Power of Kepepet kata mas Jaya YA. Yang bisa bikin kita mau terus maju padahal ibaratnya masih abu-abu tampaknya. Tapi ya itu tadi karena kondisi kepepet dan kenekatan yang kemudian bikin kita mampu ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *