Uncategorized

Yay or Nay Kuliah sambil bekerja ?

Konon katanya kuliah sambil bekerja itu, melatih membuat pribadi tangguh, mandiri, mampu menghargai waktu. Dikatakan mandiri karena uang jajan gak minta orang tua mau beli skincare 20 lapis ada duitnya. Mampu menghargai waktu kapan harus belajar kapan harus cari duit.

Ketika kuliah sambil bekerja, kita akan mempunyai banyak relasi dan peluang pekerjaan. Terutama pengalaman bekerja, sehingga mendapat banyak wawasan dari tempat kerja. Jadi kita lebih berisi daripada fresh graduate yang belum pernah bekerja sebelumnya.

Alenia diatas tadi adalah keuntungan ketika kuliah sambil bekerja. Tapi kuliah sambil bekerja itu boleh sih menurutku kalau dilakukan asalkan:

  1. Pekerjaan ini dilakukan di awal-awal semester jika sudah berada tingkat akhir skripsi sebaiknya di hentikan. Fokus di skripsi.
  2. Pekerjaan freelance
    pekerjaan yang gak harus setiap hari bekerja lumayan sekedar untuk uang tambahan. Misalnya guru privat, jualan di market palace, menulis blog, desain dsb
  3. Jaga Kesehatan jangan makan dengan sembrono meski mahasiswa harus irit upayakan makan yang sehat. Olahraga secukupnya.
  4. Jangan menunda tugas kuliah. Begitu ada tugas langsung dikerjakan meski deadline pengumpulan masih lama. Dengan ini akan menjadi habit yang baik untuk masa depan kita nantinya.

Kemudian ada point yang lebih penting lagi nih yang perlu diperhatikan ketika kamu memutuskan kuliah sambil bekerja adalah

  1. Keadaan keuangan Orang Tua kita. Misalnya ortu kita nyiapin dana kuliah hanya sampai 8 semester, sedangkan di semester 8 akhir kita belum membuat proposal karena sibuk bekerja. Apakah kita siap untuk membiayai kuliah kita dengan hasil kerja ? Kecuali kalau ortu kita masih mampu bayar uang sampai beberapa semester kedepan gak masalah sih.
  2. Jadwal dosen pembimbing kebanyakan tidak sinkron dengan jadwal kerja kita. Misalnya di beri waktu bekerja mulai hari senin selasa rabu kemudian kamis jumat sabtu minggu kita libur, Apakah pada hari kamis jumat sabtu minggu dosen pembimbing kita siap ? Biasanya masalah telatnya sebuah proposal / laporan dimulai disini.

Jadi kuliah sambil kerja yay or nay ?

Kalau aku sendiri dulu kuliah sambil kerja kok. Lulus tepat waktu dengan ipk standartlah 3.50 nilai ijasahnya dipamerin di blog LOL. Saat itu aku mencoba jadi freelancer desain grafis, guru les privat sampai kalau diajakin motret aku ikut tapi diawal-awal semester. Ketika mulai mau masuk semester akhir aku fokus ke tugas akhir berhenti bekerja. Karena aku gak mau telat lulus sampai bela-belain ikut semester pendek. Dan aku mau menikah hahaha desperate banget karir dulu napa yak. Yah namanya juga hidup bebaslah mau milih jalan yang mana.

Menurut orang sekitar yang memilih bekerja sambil kuliah kebanyakan tidak lulus tepat waktu bahkan kemungkinan paling buruk adalah DO serem ya.

Pesanku cuma satu buat adek-adek, jika kalian diberi kesempatan bisa kuliah maka gunakanlah waktu dengan bijak karena tidak semua orang beruntung mengenyam pendidikan hingga bangku kuliah sepertimu. Jangan sia-siakan usaha yang sudah kamu tempuh sejauh ini terutama usaha kedua orang tuamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *